Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat 2016

PENGENALAN TEKNIK MIKROPROPAGASI UBI CILEMBU SECARA IN VITRO BAGI PETANI DI DESA CIGENDEL KECAMATAN PAMULIHAN, KABUPATEN SUMEDANG

Jum’at, 11 November 2016

Dalam rangka mewujudkan Tridharma Perguruan Tinggi, Kelompok Keilmuan Sains dan Bioteknologi Tumbuhan (KK SBT) SITH-ITB telah melaksanakan program Pengabdian Masyarakat dengan mengusung tema “Pengenalan Teknik Mikropropagasi Ubi Cilembu secara In Vitro”. Kegiatan terebut diselenggarakan di Desa Cigendel, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang pada hari Jum’at, tanggal 11 November 2016. Tujuan diadakannya kegiatan tersebut adalah untuk memperkenalkan kepada petani mengenai teknik budidaya modern serta sebagai sarana untuk bertukar pengetahuan mengenai teknik budidaya tanaman.

IMG-20161121-WA0002Acara pengenalan tersebut melibatkan seluruh anggota KK SBT dan dihadiri oleh Kepala Dusun I Cigendel, Bapak Cucu Suhendar. Acara juga dihadiri oleh Babinsa Kec. Pamulihan, Bapak Iin dan Anggota Polsek Pamulihan, Bapak Bripka Serma Solihin. Peserta yang hadir berjumlah 17 orang, merupakan petani Ubi Cilembu Desa Cigendel.

Acara dibuka oleh Ketua KK SBT, Prof. Sri Nanan B. Widiyanto dan Kepala Dusun I, Bapak Cucu Suhendar Acara kemudian dilanjutkan dengan presentasi mengenai pengenalan teknik mikropropagasi tanaman yang disampaikan oleh Dr. Erly Marwani, selain itu juga dilakukan demo menggunakan prototipe planlet Ubi Cilembu untuk mengenalkan teknik kultur in vitro yang dibawakan oleh salah satu alumni Program Studi Biologi, Risma S.Si.

Akhir rangkaian acara diisi dengan diskusi antara petani ubi Cilembu dengan staff KK SBT, yang dipandu oleh Ir. Eri Mustari, M.P., dan Ir. Basuki Satyagraha, M.P. Dalam diskusi tersebut terungkap bahwa permasalahan utama yang dihadapi petani Ubi Cilembu adalah pengadaan bibit yang berkualitas dan pengendalian hama serangga boleng (Cylas formicarius Fab.). Untuk mengatasi permasalahan tersebut, telah disepakati akan ada tindak lanjut dari KK SBT dengan menjadikan Desa Cigendel menjadi Desa binaan KK SBT SITH-ITB.

Acara ditutup dengan makan bersama Anggota KK SBT dengan petani.